Ads 468x60px

Minggu, 03 April 2011

Cara daftar kompasiana

Tutorial ini merupakan bagian dari serial Tutorial Kompasiana yang memberi panduan tahap demi tahap dalam beraktifitas dan berinteraksi di Kompasiana. Mulai dari cara registrasi, cara menayangkan (publish) tulisan sampai cara menayangkan video dan memilih nama pena. Untuk melihat semua tutorial, klik tag Tutorial Kompasiana yang ada di bawah tulisan. Seluruh materi tutorial ini nantinya akan dikumpulkan sebagai arsip di menu Tutorial.

*****
Berbeda dengan versi sebelumnya, Kompasiana Baru memberlakukan sistem tertutup untuk semua fitur dan layanannya. Artinya, hanya pengguna internet (user) terdaftar yang bisa beraktifitas dan berinteraksi di sini. Sepanjang belum mendaftar, Anda hanya dapat membaca konten yang ditayangkan oleh para Kompasianer tanpa bisa memberi komentar, memberi nilai apalagi menayangkan (publish) tulisan baru.
Bergabung di Kompasiana sangat mudah. Semudah membuat email atau membuat blog pada umumnya. Sebelum mendaftar, pastikan Anda telah memiliki satu akun (account) atau alamat email yang akan digunakan untuk mendaftar. Bila Anda memiliki banyak akun email, tentukan satu email saja, lalu pastikan email ini masih aktif dan Anda masih bisa membukanya dengan kata kunci (password) rahasia yang Anda miliki.
Hal ini penting, karena semua aktifitas Anda di Kompasiana akan selalu terhubung dengan email tersebut, antara lain untuk keperluan notifikasi aktifitas di Kompasiana. Bahkan saat akan masuk (login) di Kompasiana sekalipun, yang harus Anda masukkan adalah alamat email yang digunakan pada saat mendaftar, diikuti kata kunci yang Anda buat ketika mendaftar.
Bila email sudah tersedia, silakan klik tombol Registrasi yang ada sudut kanan atas Kompasiana seperti terlihat di gambar bertanda merah berikut:
Setelah Anda klik tombol Register, Anda segera berada di halaman registrasi KOMPAS.com seperti terlihat di gambar berikut:
Perlu Anda ketahui, bahwa KOMPAS.com menerapkan sistem Single Sign In untuk fasilitas dan layanan yang dimiliki KOMPAS.com. Cukup dengan memiliki satu akun (ID), Anda bisa menikmati semua fasilitas dan layanan seperti Kompasiana, KOMPAS Forum, KOMPAS ePaper dan KOMPAS Jobs.
Bila sebelumnya Anda sudah pernah mendaftar di salah satu layanan KOMPAS.com, Anda sudah bisa masuk ke Kompasiana atau klik tombol Login seperti terlihat di gambar bertanda merah di atas. Bila belum pernah, lanjutkan proses registrasi dengan mengisi data-data yang diminta.
Masukkan identitas asli Anda, yaitu Nama Depan dan Nama Belakang sesuai kartu identitas yang berlaku, alamat Email dan Password yang nantinya akan digunakan untuk masuk ke Kompasiana (dan layanan KOMPAS.com lainnya). Lalu akhiri proses pendaftaran dengan memasukkan kode verifikasi di kotak yang tersedia, kemudian klik tombol Buat Kompas ID.
Selesai.
Tak lama kemudian, sistem akan mengirimkan tautan (link) konfirmasi ke alamat email Anda.
Untuk mengoonfirmasikan pendaftaran yang baru Anda lakukan, segera buka email Anda (ingat, yang dimaksud adalah email yang Anda gunakan untuk registrasi). Periksa apakah email dari Kompas Accounts sudah masuk atau belum. Bila belum, periksa juga di folder Spam karena biasanya email konfirmasi masuk ke folder tersebut.
Setelah itu, klik tautan yang ada di dalam email tersebut. Anda lalu langsung dibawa ke halaman Activate Account seperti terlihat di gambar berikut:
Di halaman ini, Anda bisa membuat satu akun Kompasiana yang terpisah dari akun KOMPAS.com dengan mengklik link yang tersedia. Atau demi kepraktisan, Anda bisa langsung memasukkan nama pengguna (username), mengisi info singkat tentang diri Anda dan memasukkan foto diri di kotak-kotak yang tersedia:
  • Username URL. Nama pengguna berfungsi sebagai alamat blog atau alamat Halaman Profil. Tentukan satu alamat blog yang Anda inginkan, lalu klik tulisan Cek Username URL untuk mengetahui apakah nama tersebut masih tersedia (available) atau sudah digunakan oleh orang lain. Kalau nama tersebut tidak tersedia, Anda akan diminta memilih beberapa pilihan atau memasukkan nama baru. Nantinya alamat blog Anda di Kompasiana akan menjadi http://www.kompasiana.com/namamu. Ingat, alamat blog ini hanya bisa diedit sekali, setelah itu menjadi permanen.
  • Last Name. Kotak ini akan muncul jika Anda lupa memasukkan nama belakang.
  • Biographical Info. Tuliskan sekelumit tentang diri Anda secara singkat dan padat. Informasi ini akan muncul di Halaman Profil.
  • Photo. Masukkan foto dirimu dengan mengklik button Choose File. Foto akan tampil di Halaman Profil dan di setiap Tulisan dan Komentar yang Anda buat. Ingat, tanpa foto profil, tulisan Anda tidak bisa tampil sebagai Tulisan Utama (Headlines) Kompasiana.
Setelah semua data terisi, pastikan Anda membaca Ketentuan Penggunaan yang berlaku di Kompasiana. Kompasiana akan mengambil tindakan tegas terhadap setiap bentuk pelanggaran atau penyalahgunaan akun.
Dengan mengklik tombol di bagian bawah halaman ini, selesai sudah proses pendaftaran atau pembuatan akun Kompasiana, dan Anda pun langsung dibawa ke halaman depan Kompasiana seperti terlihat gambar berikut:
Selamat. Sekarang Anda resmi terhubung di Kompasiana bersama puluhan ribu Kompasiner lainnya…

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mas saya mau tanya, setelah saya buat blog kompasiana blognya sudah jadi, tapi ketika saya login kembali kenapa email dan pass nya selalu salah yaa? ga bisa login
makasih ;)

Posting Komentar